Solo Backpaker Edition : Liburan Sambil Belajar di Eco Green Park (Part 1)




Kota Batu Malang sekarang ini memang terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang anti mainstream. Tak hanya menyuguhkan wisata alam yang indah saja tetapi juga wisata yang berbasis pada ekosistem dan ilmu pengetahuan, salah satunya adalah Eco Green Park. Fortunatelly, saya beruntung sempat mengunjunginya dalam rangka “solo backpacker” kemarin.

_Gajah yang terbuat dari limbah televisi_
Sebenarnya untuk wahana Jatim Park Group ini saya tidak membeli tiket on the spot, tetapi by online di website mereka. Selain lebih nyaman karena praktis dan tidak perlu antri lama – lama di spot, biasanya mereka juga menyediakan diskon khusus bagi pembeli tiket online ini. 

Tiket wahana di Jatim Park Group ini bisa dibeli per wahananya atau bisa juga seperti saya membeli TIKET SAKTI, yaitu tiket untuk masuk kesemua wahana dalam waktu dua hari hanya dengan membayar Rp. 300.000 atau Rp. 400.00 untuk masa berlaku tiga hari. Total ada sekitar 8 wahana yang masuk dalam Jatim Park Group, yaitu Jatim park 1, Museum Tubuh, Fun park predator, BNS, Eco green park, batu secret zoo, meseum angkut dan museum satwa. 

 TIKET ONLINE JATIM PARK GROUP KLIK DISINI YA !_

Keuntungannya tiket sakti ini travelers bisa dapat harga lebih murah sampai 100.000 lebih dibanding beli tiket rentengan *Aseek kayak beli kopi. Tetapi, kekurangannya adalah batas waktunya yang sebentar hanya dua atau tiga hari jadi kurang cocok buat travelers yang membawa anak kecil atau orang tua karena tidak mungkin rasanya memaksakan semua wahana dalam waktu singkat *saya aja yang masih muda berasa ringkih kalau harus main dibeberapa wahana. Just info ajah, Museum angkut aja nggak abis dikelilingin setengah hari, kebanyang kan betapa berkondenya betis mulus hayati :D. Tapi teteup beli tiket sakti ini biar lebih murah ahhahhaha *siapin counterpain !!!
Ciayooo… 

Balik lagi ke Eco Green Park -----

Eco Green Park adalah taman edukasi ekologi pertama di Indonesia yang mempelajari tentang Ilmu pengetahuan alam, recycle, science dan koleksi burung terlengkap. Terletak di Kota Batu, Jawa timur  dapat ditempuh selama kurang lebih 30 sampai 45 menit dari Kota Malang dan termasuk dalam kawasan Jatim park 2 bersama dengan Secret Zoo serta museum satwa. 
_Kereta GRATIS_
Eco Green Park ini tidak jauh dari Batu Secret Zoo, hanya sekitar 100 meter *tapi teteup ajah pegel yak. Nah buat travelers yang masih muda tapi ringkih mudah rapuh kayak saya bisa mempergunakan fasilitas kereta antar jemput gratis yang disediakan oleh pengelola Jatim Park. Syaratnya, travelers harus membeli tiket terusan Batu secret zoo + Eco Green Park.

Sesuai dengan namanya eco green park disini traveler diajak untuk mencintai alam dan bumi kita dengan cara memanfaatkan semua hal berhubungan dengan sesuatu yang tidak berguna menjadi bentuk baru yang berdaya guna tinggi. Dari pintu masuk pertama, traveler akan disuguhkan dengan pemandangan spektakuler dari replika candi – candi yang ada diindonesia dengan ketinggian lebih dari 2 meter , dibawahnya ada diorama desa dan tanah pertanian yang hancur akibat terjangan banjir bandang dan bencanan alam lainnya. Hal tersebut memperlihatkan bagaimana alam yang kita rusak akan kembali merusak kita sebagai penghuninya. 

_Replika candi - candi_
_Replika dari suasana kerusakan sebuah desa akibat ulah tangan manusia yang jahil_
Meyusuri rute yang sudah ada kita akan disuguhi dengan berbagai macam hasta karya hasil daur ulang limbah seperti Sapi yang terbuat dari mobil bekas, gajah yang tersusun dari puluhan televise, Burung flamingo yang terbuat dari pipi PVC dan lain sebagainya. Bentuknya yang lucu sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung. Fun dan edukatif kan !

_Berbagai contoh hasil karya daur ulang limbah_
_Penyewaan E-bike_
Oh iya, kalau travelers beminat disini bisa sewa e-bike dengan tarif sewa 100.000/ 3 jam. Letaknya ada di depan miniatur candi setelah pintu masuk. Kalau kelewatan dan baru berasa capeknya pas setengah perjalanan gimana ? sellow broh en sist, tinggal telepon ke nomer HP yang tertera terus dianter deh sama mas - mas yang ganteng atau mbak - mbak yang cantik *nggak ding, yang nganter bapak – bapak STW ahaha.

_Menuju Rumah Serangga ... yeay !!!_
Rute selanjutnya adalah rumah serangga. Disini terdapat koleksi kupu – kupu dan serangga yang diawetkan, tetapi menurut informasi sih ada yang masih hidup tapi saya nggak nemuin kemarin. Disini semua tersusun rapi di dalam ruangan mirip rumah bambu. Yang paling menarik adalah pajangan dari kupu – kupu mati yang sudah dikeringkan dan disusun rapi menyerupai sesuatu di dalam bingkai kaca.  


_Suasana di dalam Rumah serangga_

Berikutnya adalah Zona Walking Bird yang menampilkan koleksi berbagai burung eksotis dari seluruh negara. Burung disini unik karena kebanyakan tidak dapat terbang atau jarang menggunakan sayapnya untuk terbang, seperti burung unta, merak, kasuari dan lain sebagainya.

Kalian bisa memberi makan mereka dengan makanan burung yang dijual oleh petugas. Jangan khawatir mereka jinak dan diawasi oleh petugasnya juga.
 
_Salah satu koleksi burung di Zona Walking bird_
_Salah satu koleksi burung di Zona "Walking Bird"_
_Jalan setapak yang terbuat dari kayu_
Berikutnya travelers akan dibawa ke wahana plaza music. Disini travelers dapat melihat berbagai macam barang bekas disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu rangkaian yang dapat menimbulkan bunyi – bunyian mirip musik yang dimainkan manusia. Cara memainkannya, travelers hanya perlu menembakkan air dari alat yang sudah disediakan di pinggir kolam ke titik tertentu dan dari situ akan disambungkan ke komponen lainnya sehingga bergerak seluruhnya. Sungguh kreativitas yang luar biasa! *ciamik *kepikiran ya bok! #heboh sendiri ahaha .


_Gerbang masuk ke "Zona Plaza Musik"_
_Daur ulang dari berbagai macam limbah yang bisa menghasilkan harmonisasi suara_
Ada juga zona jungle adventure yang pintu masuknya berupa patung akar pohon besar. Travelers akan diajak menaiki mobil dalam hutan buatan sambil menyimak tentang penebangan hutan liar, perburuan hewan yang dilindungi dan lainnya. Berhubung kemarin hayati kesana Cuma sendiri dan sudah sore, jadinya saya mengurungkan niat untuk masuk ke wahana ini. 

_Jungle Adventure !!!_

 Oh iya buat travelers yang capek bisa beristirahat disini dan membeli makanan di snack corner yang tersedia. Harga makanan dan minumannya masih terjangkau dengan berbagai macam pilihan seperti sosis bakar dan susu segar. 


Nah, segitu dulu yak .. besok disambung lagi yah ceritanya karena masih panjang dan lebaaaarrrr .. Hope you like it and hope you enjoy it, Readers !!!
#WidiTheExplorer
#Solo Backpacker
---------------------------------------------------------

Comments

Popular Posts